Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Belajar dan Mengajar dengan menggunakan "Ebook dan Edmodo"



3/2/2013, Telah di laksanakan worksop dan Pelatihan Pembuatan dan pengembangan buku elektronik di SMK. worksop ini di ikuti oleh lebih kurang 300 peserta dari  perwakilan Guru SMK di Seluruh Indonesia. Dengan pelatihannya di ikuti oleh 40 orang dengan perwakilan 2 orang dari setiap SMK.


Kegiatan di awali dengan worksop yang dibuka oleh kepala yayasan, kemudian dilanjutkan oleh sambutan Ditektur Pembinaan SMK Kementerian Bapak Ir. Anang Thahjono, MT. sekaligus penandatangan MOU, setelah penandatangan MOU kemudiann dilanjutkan dengan memperkenalkn Profil YPT Group yang di sampaikan oleh ibu Nina Kurnia Hikmawati, SE., MM selaku Ketua SMBB Telkom. Banyak hal yang disampaikan oleh ibu Nina Kurnia Hikmawati, SE.,MM dari perkenalan gedung, program jurusan, dan prestasi-prestasi yang telah dicapai. Kemudian acara di lanjutkan oleh perkenalan  buku elektronik oleh Direktur SEAMOLEC yaitu Bapak DR. Ir. Gatot Hari Priowirjanto, beliau menjelaskan serta menunjukkan contoh digital book peserta sangat antusias saat melihat digital book yang perlihatkan oleh Bapak DR. Ir. Gatot Hari Priowirjanto melalui ipad beliau kemudian juga beliau memperkenalkan Timnya yang akan bertugas untuk menjadi instruktur pelatihan kepada guru SMK selama 5 hari yang dimulai dari tanggal 3 februari hingga 8 februari yang diketuai oleh Bapak Aditya Hans Priowirjanto dan dibantu oleh dua mahasiswa Seamolec D4 ITB yang sedang matrikulasi. Setelah Bapak DR. Ir. Gatot Hari Priowirjanto memperkenalkan digital book acara di lanjutkan  oleh  Ms. Joy Kim dari Korea yang memberikan persintasi tentang pembelajaran di korea (E-Learning in Korea).
Kegiatan istrirahat sejenak untuk ishoma kemudian dilanjutkan dengan materi pertama yang di sampaikan oleh Bapak Andrian mengenai digital book menggunakan QBaca, instruktur meberikan contoh buku melalui handponenya, beliau juga menyampaikan bahkan dengan menggunakan digital books QBaca tulisan sulit untuk di bajak oleh orang lain. Dan dengan menggunakan digital book akan lebih praktis untuk guru-guru SMK tanpa harus membawa buku pelajaran.
Setelah beberapa jam Materi pertama di sampaikan, dilanjutkan dengan materi kedua yang disampaikan oleh Ms. Joy Kim dari korea dengan materinya story board, beliau menjelaskan tentang story board dan bag  aimana membuat story board pembelajaran, kemudian Ms. Joy Kim memberikan tugas kepada peserta untuk membuat storyboard sesuai dengan pembelajaran yang ada di sekolah mereka yang akan di review kembali keesokan harinya.  Kegiatan hari pertama dengan sangat berkesan meskipun peserta kesulitan dalam mengerti bahasa Ms. Joy kim sampaikan karna beliau menggunakan Bahasa Inggris tetapi hal itu tidak terlalu menjadi masalah karena Tim seamolec Bapak Aditya Hans Priowirjanto bisa membantu memberikan penjelasan tentang apa yang disampaikan oleh Ms. Joy Kim kepada peserta.
Pada hari kedua Ms Joy Kim memeriksa tugas yang di berikan kepada peserta pelatihan dan hasinya cukup memuaskan. Setelah menyampaikan materi Storyboard pada hari kedua Ms. Joy Kim berpamitan kepada peserta pelatihan dan di lanjutkan dengan sesi foto serta pemberian cinderamata kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian buku digital books yang di sampaikan oleh Bapak Aditya Hans Priowirjanto, beliau memberikan sedikit persintasi lalu mempraktekan bagaimana membuat buku digital book yang dibantu oleh dua rekannya Wayan Widya Artana dan Febriyanti Darnis (saya dan teman saya). Peserta sangat antusias dalam mempraktekan pembuatan buku digital, yg dimulai dengan menconvert dokumennya dengan format .html kemudian di convert lagi menjadi format .epub. tidak semua peserta cepat mengerti tetapi dengan kerjasama akhirnya semua peserta dapat membuat file epub. Hari yang sangat melelahkan bagi tim Seamolec tetapi hari sangat menyenangkan karna bisa berbagi ilmu kepada peserta pelatihan. Setelah hari sudah mulai menunjukan gelapnya berakhir sudah kegiatan hari kedua, semua peserta, panitia dan instruktur kembali ke tempat beristrahat.
Dan pada hari ketiga peserta melakukan pembuatan video yang di bantu oleh Mahasiswa Telkom, peserta melakukan perekaman dan sekaligus melakukan pengeditan. Video tersebut dibuat untuk di penyempurnaan dalam pembuatan buku digital books agar buku tersebut memiliki video pembelajaran. Setelah seharian melakukan perekaman video pembelajaran serta pengeditan video pembelajaran keesokan harinya tepatnya hari keempat peserta yang belum menyelesaiakan pengeditan video kembali mengerjakan pengeditan dengan di bantu oleh mahasiswa Telkom setelah itu peserta pelatihan memasukan hasil videonya ke buku digital books yang mereka buat dengan dibantu oleh Tim Seamolec. Dan hasilkan diberikan ke Bapak Aditya Hans Priowirjanto untuk di periksa apa yang perlu di perbaiki. Seiring dengan itu Bapak Aditya Hans Priowirjanto memberikan kesempatan kepada timnya untuk mengenalkan salah satu jejaring sosial untuk media pendidikan yaitu edmodo. Media sosaial yang bisa memberikan pembelajaran jarak jauh bagi siswa dan guru dan dalam pengawasan orangtua. Atusias peserta sangat terlihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan dari peserta yang ingin tahu bagaiman cara penggunaaan edmodo.
Akhirnya sampai pada puncak acara, dimana peserta menghasilkan ebook untuk sekolah mereka masing-masing. Dan hasilnya cukup memuaskan tetapi masih harus banyak belajar lagi agar hasilnya bisa lebih sempurna.
Selamat buat peserta pelatihan yang telah bisa membuat ebook untuk sekolah mereka, dan di harapkan dapat dikembangkan lagi..^_^


*****Febriyanti Darnis*****

0 komentar:

Posting Komentar