Faktor Keberhasilan dalam Mengikuti PJJ


Belajar merupakan usaha sadar yang dilakukan individu atau manusia untuk memperoleh
perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan dalam interaksinya dengan
lingkungan. Perubahan tingkah laku hasil belajar bersifat positif. Misalnya dari tidak tahu
menjadi tahu, dari tidak bisa menjadi terampil dan lain-lain. Di samping itu, hasil belajar
tidak hanya menyangkut pengetahuan, tetapi juga berkaitan dengan sikap dan
keterampilan.

Ada beberapa hal yang turut mendukung keberhasilan belajar melalui program PJJ:

1.  Interactivity (Interaksi)
Keberhasilan sistem pendidikan jarak jauh antara lain ditentukan oleh adanya
interaksi antara dosen dan peserta didik, antara peserta didik dan lingkungan
pendidikan, dan antara peserta didik itu sendiri.

2.  Active learning (Pembelajaran Aktif)
Peserta didik harus mempunyai kemauan yang tinggi untuk mengikuti materi/kelas,
mengingat kurangnya fungsi kontrol dari para  pengajr  jika dibandingkan dengan
kondisi di kelas.

3.  Visual imagery (Gambaran Visual)
 Sebagai contoh:
Pembelajaran lewat televisi dapat memotivasi dan merangsang keinginan dalam
proses pembelajaran. Namun jangan sampai terjadi distorsi karena adanya hiburan.
Harus ada penseleksian antara informasi yang tidak berguna dengan yang
berkualitas, menentukan mana yang layak dan tidak, mengidentifikasi
penyimpangan, membedakan fakta dari yang bukan fakta, dan mengerti bagaimana
teknologi dapat memberikan informasi berkualitas.


0 komentar:

Posting Komentar